MENGENAL JENIS BAHAN UNTUK MEMBUAT MUKENA

14 Februari 2019

MENGENAL JENIS BAHAN MUKENA

Banyak faktor yang mempengaruhi kebanyakan orang untuk membeli mukena, diantaranya karena model/motifnya yang bagus atau tidak pasaran, karena harganya yang terjangkau, karena adanya hiasan/bordir atau semacamnya, karena desainnya yang praktis untuk dibawa traveling atau karena bahannya yang nyaman untuk dipakai sehari-hari.

Berikut ini beberapa bahan yang biasa dipakai untuk membuat mukena :

1. Bahan Katun Jepang

Jenis bahan mukena katun jepang ini sedang sangat trend dikalangan wanita muslimah indonesia. Tak hanya dijadikan pakaian busana muslim, bahan katun jepang pun digunakan untuk membuat mukena dengan berbagai macam motif yang cantik dengan warna-warna yang manis. Mukena yang terbuat dari bahan katun jepang ini adem apabila digunakan dan juga mempunyai daya serap keringat yang baik serta tidak akan membuat anda kegerahan saat memakainya. Jika dibandingkan dengan bahan katun lainnya, katun jepang memang memiliki kualitas yang lebih bagus. Warna dan motif pada bahan katun jepang tetap akan cerah dan tidak luntur meskipun sudah dicuci berkali-kali.

2. Katun Rayon

Apabila anda suka dengan jenis bahan yang jatuh dan adem seperti kaos, maka mukena yang terbuat dari bahan katun rayon merupakan pilihan yang tepat. Bahan katun rayon ialah bahan campuran dari katun dan rayon yang berbahan dasar kayu. Mukena dengan berbahan katun rayon ini paling digemari oleh para wanita muslimah karena selain harganya yang terjangkau, bahannya pun sangat adem, lembut dan nyaman untuk dipakai shalat sehari-hari. Seperti mukena bali yang terbuat dari bahan katun rayon ini sangat booming dipasaran sejak beberapa tahun lalu hingga sampai saat ini masih banyak peminatnya dikarenakan sifat seratnya yang kuat dan juga tidak mudah sobek.

3. Katun Paris

Jenis bahan katun paris mempunyai karakteristik yang mirip dengan bahan katun jepang. Yang membedakan kedua bahan ini adalah bahan katun paris lebih tipis jika dibandingkan katun jepang. Mukena dari bahan katun paris juga adem, nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik saat digunakan. Mukena bahan katun paris ini cocok apabila dipakai untuk melakukan ibadah shalat sehari-hari.

4. Katun Silk

Bahan katun silk merupakan perpaduan dari bahan katun dan sutra. Mukena dengan berbahan dasar katun silk akan nyaman dipakai, mudah diatur serta adem dan memiliki daya serap keringat yang baik sehingga cocok digunakan untuk shalat sehari-hari ataupun di hari spesial. Jika dilihat bahan ini mirip dengan bahan sutra yang halus dan lembut serta memiliki ketebalan yang cukup sehingga tidak akan menerawang saat digunakan. Campuran dari bahan sutra membuat mukena dari bahan ini terlihat sangat elegan ditambah campuran bahan katun yang membuatnya kuat, awet, dan tahan lama apabila mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Sutra (Silk)

Tampilan sutra yang bersinar dan berkilau akan membuat mukena berbahan dasar sutra terkesan mewah, elegan, dan indah. Bahan sutra terkenal mempunyai sifat kuat, elastis, tidak akan membuat anda kegerahan saat panas serta tidak terasa dingin meskipun udara sedang dingin. Mukena bahan sutra ini relatif mahal. Oleh karena itu mukena jenis ini biasanya digunakan pada saat hari-hari spesial seperti saat shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha. Jika anda sedang mencari mukena untuk digunakan saat shalat Idul Fitri nanti, mukena bahan sutra bisa menjadi pilhan yang cocok.

6. Parasut

Mukena dengan bahan parasut ini memakai bahan parasut yang tipis dan ringan. Meskipun tipis, namun bahan parasut ini terkenal kuat dan tidak mudah kusut. Mukena ini juga sangat adem apabila dipakai untuk shalat serta sangat mudah untuk disimpan. Apabila anda sering berpergian dan membawa mukena sendiri saat shalat di tempat umum, mukena bahan parasut ini cocok bagi anda karena bahannya yang ringan untuk dibawa dan juga mudah dilipat.

7. Spandek

Seperti mukena katun rayon, mukena berbahan spandek ini juga mempunyai karakteristik bahan yang jatuh dan adem. Meskipun tidak terlalu mudah untuk menyerap keringat, namun mukena bahan spandek memberikan kesan eksklusif karena bahannya yang lembut serta memiliki serat halus. Tentunya anda akan tetap merasa nyaman saat menggunakannya untuk shalat. Mukena bahan spandek ini tersedia dengan berbagai macam warna yang cantik sesuai dengan selera anda.

8. Katun IMA

Katun ima masih termasuk jenis katun jepang polos dengan garis serat yang sedikit lebih jelas. Di sebut katun IMA karena berasal dari Jepang dengan merk IMA. Jenis kain ini sangat digemari oleh para hijabers untuk dijadikan hijab pashmina. Tak hanya hijab bahan katun IMA ini juga di produksi sebagai bahan dasar mukena dengan kualitas premium. Mukena berbahan katun IMA ini juga sangat nyaman dan enak saat dipakai untuk shalat.

9. Katun CVC

Katun CVC (cotton viscose) adalah bahan katun dengan komposisi 60-75% katun dan sisanya viscose yang nyaman, lembut dan adem, yang biasa juga disebut katun korea. Kelebihan bahan ini dibanding dengan bahan yang lainnya adalah tidak mudah kusut & tingkat penyusutan kain yang rendah. Jenis bahan ini banyak di sukai karena memang lebih nyaman di pakai dan merupakan kain berkualitas bagus.

10. Katun Lokal

Meskipun disebut lokal, namun mukena dengan bahan katun lokal ini juga sangat banyak peminatnya. Harganya yang relatif murah dan terjangkau dikarenakan jenis bahan katun lokal ini dengan mudah didapat dari negeri sendiri. Walaupun harganya terbilang murah, namun bahan katun lokal ini memiliki kelebihan dapat menyerap keringat dengan baik. Banyak sekali produsen mukena yang menjual mukena dari bahan katun lokal ini . Dengan berbagai warna yang dipadu padankan dengan berbagai macam motif.

11. BSY

BSY adalah singkatan dari bi shrinkage yarn. bahan ini terbuat dari dua jenis poliester filamen yang mempunyai tingkat ke susutan yang berbeda sehingga menghasilkan bahan dengan karakteristik:
– mirip katun tapi agak licin, lebih “jatuh” dan tidak kaku
– halus
– tidak panas
– tidak mudah kusut
– warna lebih awet
– non katun. non sutra

12. Baby Silk

Bahan BABY SILK itu mengkilat dibandingkan yg bahan silky , licin , lembut , halus, jatuh , agak sedikit tebal dibandingkan bahan silky biasanya. Sehingga tidak terlalu transparan seperti silky. Dan tentu adem saat dipakai nya.

13. Rayon Janger

Mukena bahan rayon janger merupakan bahan andalan untuk membuat mukena bekualitas premium. Karena bahan ini memang nyaman dipakai, tebal namun tidak panas. Mukena dengan Bahan Kain Rayon Janger memiliki tingkat kerapatan benang yang tinggi dan relatif sedikit tebal dibanding dengan bahan rayon biasa murahan. Bahan rayon ini memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan sangat adem sehingga nyaman saat dikenakan, bahan ini juga memiliki daya serap yang tinggi sehingga bisa berwarna cerah dan tajam. Rayon Janger merupakan salah satu jenis kain yang dengan harga relatif tinggi karena memang mempunyai kualitas yang sangat bagus.

Demikianlah jenis bahan yang biasa digunakan untuk membuat mukena, keputusan membeli sangat tergantung selera dan kebutuhan mukena seperti apa yang akan anda pakai nanti.

(Dari berbagai sumber)